2 Juli 2010

Woot Dibeli Oleh Amazon

Lowongan Kerja SMA SMK

Sudah pernah dengar tentang Woot.com? Bukan .. bukan W00t! Kalau anda belum pernah dengar bisa dibilang wajar karena Woot sendiri bisnisnya tidak mencapai negara-negara di luar Amerika. Kemarin Woot mengumumkan di blog-nya bahwa mereka telah diakuisisi oleh Amazon!

Apa sih bagusnya Woot, sampai-sampai Amazon tertarik terhadap dan mau membeli Woot?

Woot ini pada dasarnya adalah toko jualan online, tapi dibandingkan dengan toko-toko yang lain, Woot mempunyai cara dagang yang unik (selain murah) dan lain daripada yang lain. Apa keunikan Woot ini? Woot hanya menjual satu jenis barang saja setiap harinya! Satu jenis barang ini mulai dibuka penjualannya pada jam 12 tengah malam sampai satu menit sebelum jam 12 tengah malam berikutnya, atau sampai stok-nya habis. Serunya, para calon pembeli tidak diberi tahu berapa jumlah stok yang ada :) Pokoknya kalau sudah habis ya habis.

Karena hal tersebut di atas, dan juga karena barang-barang yang dijual biasanya diobral dengan harga sangat miring, calon pembeli biasanya berbondong-bondong nongkrongin website Woot setiap hari (atau mengikuti Twitter akun mereka) supaya bisa menjadi pembeli yang pertama kala ada barang yang bagus. Dengan kata lain, siapa cepat itulah yang dapat.

Contoh harga miring adalah barang yang dijual hari ini (kalau anda membaca tulisan ini pada hari lain, maka barangnya sudah pasti berubah).

IPod Nano yang dijual di atas, harga normalnya adalah $149, sedangkan oleh Woot dijual $99 saja! Berarti harganya diobral lebih dari 30%!

Sayangnya, Woot hanya bisa melayani pembeli di dalam Amerika Serikat saja.

Mengenai akuisisi itu sendiri, Matt Rutledge (CEO Woot) menulis bahwa, seperti apa yang terjadi dengan akuisisi Audible (tukang jualan Audiobook) dan Zappos (tukang jualan sepatu), Woot akan beroperasi secara mandiri dan punya otonomi sendiri.

Selamat buat Woot atas akuisisi ini, moga-moga dengan backing dari Amazon, mereka bisa melebarkan sayapnya melebihi kontinen Amerika.

Oya, untuk menunjukkan sebagaimana kreatif Woot ini, mereka sempat membuat video lucu dengan topik akuisisi ini :)


SOURCE Lowongan Kerja SMA SMK

0 komentar: