10 Oktober 2010

Miss Universe Ke Indonesia Jadi Roro Jonggrang

Lowongan Kerja SMA SMK
Opera kolosal 'Re Discover The Legend Of Roro Jonggrang' yang akan diselenggarakan di Pelataran Candi Wisnu Prambanan Yogyakarta, Selasa (12/10), direncanakan berlangsung spesial. Selain ditangani koreografer berkelas dunia, opera ini juga akan melibatkan Miss Universe 2010 Ximena Navarette dari Mexico.


Didik Nini Thowok selaku koreografer opera tari ini menjelaskan, opera ini sedikitnya akan melibatkan 65 seniman tari dari Sanggar Tari Natya Laksita yang diasuhnya. Namun, kedatangan Miss Universe ke Yogya akan mendapat peran khusus sebagai Roro Jonggrang. 'Ya, harap dimaklumi kalau Roro Jonggrangnya bule,' ujar Didik kepada sejumlah wartawan di Sheraton Sabtu (10/10/2010).


Diungkapkan Didik, kemasan opera tari tersebut akan dikemas sebagai opera kontemporer dengan melibatkan komunitas hiphop dan seniman tari tradisi. Hanya saja, tak seperti karya Didik lainnya, opera tari kali ini sepenuhnya mengandalkan ekspresi panggung tanpa dukungan multimedia. “Untuk kali ini karena persiapan yang sangat terbatas, sementara tidak memakai dukungan multi media, “ ujar Didik.


Didik mengungkapkan, pihaknya juga akan menyelipkan pesan keprihatinan terhadap tidak terurusnya sejumlah koleksi cagar budaya yang ada di Museum. Oleh karena itu, dalam fragmen tari ini akan ditampilkan tentang upaya pencurian patung Roro Jonggrang dari museum. Adegan ini dimaknai sebagai sebuah sindiran tentang hilangnya sejumlah benda budaya dari museum. “Ini pesan keprihatinan saya yang saya selipkan dalam adegan,“ ujar Didik.


Public Relation Coordinator Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta Sekar Ayu G Putri menjelaskan, Selain akan dihadiri oleh Miss Universe 2010, pertunjukan juga akan menampilkan penyanyi Daniel Sahuleka.


Rencana pertunjukan akan mengambil tempat di lokasi cerita legenda Roro Jonggrang, yakni di Candi Prambanan. Event ini menurutnya bertujuan untuk mengenalkan legenda kuno dari Yogya kepada masyarakat internasional.


“Ini akan kami jadikan ikon wisata tahunan di Yogyakarta, agar datamemajukan Yogya sebagai destinasi wisata utama di Indonesia' ujar Sekar.

sumber : Kompas.com
Lowongan Kerja SMA SMK

0 komentar: