28 Desember 2010

Dokter Inggris Berhasil Bikin Telinga Palsu untuk Elise

Lowongan Kerja SMA SMK
 
 
 

Gara-gara kecelakaan yang menimpanya, Elise Lutz mesti kehilangan telinga kanannya yang hancur. Gadis usia 14 tahun ini sekarang gembira dengan telinga barunya yang mirip sekali dengan telinga sebelumnya.

Elise yang sudah tidak berayah dan beribu ini diadopsi saat usianya sembilan tahun oleh Kim Williams dan suaminya dari Karolina Utara.

Kedua orangtua angkat ini berupaya mencarikan dokter bedah plastik di The Anaplastology Clinic in Durham and Duke University Medical Center. Dan mereka menawarkan sebuah protese telinga seharga 6.500 pound sterling yang terbuat dari silikon fleksibel dan mirip sekali dengan kulit manusia.

"Ini akan terpasang selamanya, tapi memang sepadan. Saya sangat bergairah, 100 persen gembira karenanya," tutur Elise.

Protese telinga Elise dilakukan di Klinik Anaplastology di Durham, Inggris. Sebelumnya, Elise sudah mencoba menggunakan protese yang dipasang dengan lem, tetapi tentu saja tidak bisa menempel terus karena bisa terlepas tiap saat.

Implan batang titanium di dalam tengkoraknya akan mengikat kuat telinga barunya. Dia bahkan bisa menyelam dan berenang sesukanya.

Dr. Jerry Schoendorf dari Klinik Durham yang juga merupakan bagian dari tim yang menangani Elise mengatakan, "Orang yang mempunyai implan entah itu telinga atau hidung biasanya akan berpikir bahwa benda itu memang bagian dari tubuhnya."

Setidaknya telinga yang terbuat dari karet silikon yang dicampur dengan akrilik bakal awet hingga enam tahun. Dan sebelum rusak, bisa dilepas untuk diganti yang baru.

Ahli bedah plastik Jeffrey Marcus sedang membuat pola di telinga Elise sebelum opera dijalankan

Tak ada yang tahu bagaimana kejadiannya sampai telinga kanan Elise rusak akibat guyuran air panas. Para dokter mengira mungkin dia diguyur air panas dari atas kepala hingga air meleleh ke sisi kanannya.

Yang jelas, berkat kerja keras para seperti Dr. Schoendorf dan Dr. McClennen yang membuat cetakan telinga itu pada Juni lalu serta upaya Dr David Kaylie yang memasang titanium di dalam tengkorak sebagai jangkar telinga beberapa bulan sebelumnya, telinga Elise bisa kembali. (abd/dailymail)
Lowongan Kerja SMA SMK