25 November 2010

Komputer Pertama Buatan Apple Laku Rp 1,9 Miliar

Lowongan Kerja SMA SMK
Soal processor, komputer ini memang 1.000 kali lebih lamban ketimbang iPad. Soal penampilan, pasti kalah jauh dari Apple MacBook. Tapi, dari segi harga, jangan tanya. Komputer pribadi yang merupakan cikal bakal keluarga Apple ini 425 kali lebih mahal daripada iPad. Ya, Apple I, satu dari 200 model yang pernah dibuat, terjual di rumah lelang Christie, London, kemarin, seharga 133.250 pound sterling atau setara dengan Rp 1,9 miliar.


Komputer pertama yang pernah di buat Apple
Komputer pertama yang pernah dibuat Apple

Sang pembeli mendapatkan seluruh paket asli Apple I plus tulisan sales dari Steve Jobs, salah satu pendiri perusahaan Apple yang kini menjabat sebagai CEO Apple Inc. Ketika Apple I diluncurkan pada 1976, inilah satu-satunya komputer pribadi yang sudah lengkap dengan motherboard. Pembeli saat itu tinggal memakainya saja karena paket penjualan sudah termasuk keyboard, power supply, dan display, kata rumah lelang Christie.

Harga jualnya ketika itu adalah US$ 666,66 atau sekitar Rp 5,9 juta. Sayang, pada 1977 komputer ini sudah tidak diproduksi lagi. Lantas siapa pemilik baru Apple I ini? Dalam proses pelelangan yang cukup singkat pebisnis asal Italia dan kolektor benda langka, Marco Boglione, menjadi pemilik baru.

Boglione tak hadir di rumah pelelangan Christie. Ia hanya memberi penawaran lewat telepon. Tapi adiknya, Francesco Boglione, hadir di sana. Menurut Francesco, kakaknya itu memang gila komputer. “Pertama kali saya mengenal komputer dari Marco. Dia ngotot membeli Apple I ini karena dia cinta komputer.”

Juga hadir dalam pelelangan itu Steve Wozniak, salah satu pendiri perusahaan Apple Computer. Seperti Jobs, ia pun membubuhkan tanda tangannya di surat pelelangan. Menurut Wozniak, acara lelang ini menjadi sangat berarti bagi hasil kerja kerasnya. Apalagi penjualan kali ini juga diikuti oleh perusahaan teknologi hebat lainnya.

Enigma, mesin pembuat kode rahasia asal Jerman, dan tulisan ahli matematika asal Inggris, Alan Turing, yang dianggap sebagai salah satu penemu komputer modern, juga ikut dilelang. “Hari ini jantung saya serasa mau copot. Apalagi hari ini juga dilelang dokumen Turing dan mesin Enigma, dan tentu Apple I,” ucap Wozniak. “Saya bangga dengan tuan yang membeli benda-benda ini.”

Menurut Francesco, setelah Apple I ini diboyong pulang akan diperbaiki dan harus dalam kondisi siap pakai. Dan tentu untuk menambah koleksi komputer Apple di rumah kakanya.

sumber : ruanghati.com
Lowongan Kerja SMA SMK