18 Mei 2011

Z Backscatter Vans (ZBV) Alat Pemindai Anti-Terorisme

Lowongan Kerja SMA SMK
Pemindai X-ray tidak lagi hanya ditempatkan di bandara untuk mengawasi barang bawaan penumpang, tapi juga diletakkan di tempat umum untuk mengawasi orang-orang dan barang bawaan mereka.

Teknologi X-ray bernama Z Backscatter Vans atau ZBV ini dapat memindai seluruh tubuh manusia dari kepala hingga kaki, termasuk juga pakaian dan isi kendaraan.


Adalah American Science Engineering, sebuah perusahaan yang berlokasi di Massachusetts, yang memproduksi scanner x-ray ZBV. Mereka telah menjual lebih dari 500 unit alat ini ke berbagai instansi pemerintah.

Joe Reiss, kepala pemasaran perusahaan ini mengatakan, pembeli terbesar produk ini adalah Departemen Operasi Pertahanan di Afganistan dan Irak. Mereka telah banyak memborong produk ini selama lebih dari tujuh tahun belakangan. Alat ini sangat efektif mencari bom mobil yang biasa dipasang para teroris dalam aksi bom bunuh diri.

Alat ini dapat mendeteksi material berat atau ringan. Yang berat dan padat misalnya bahan baja. Sedangkan objek non-padat yang dapat dibacanya misalnya bahan peledak, obat-obatan, atau tubuh manusia. Kemampuannya yang demikian membuatnya sangat bermanfaat meningkatkan sistem keamanan di kawasan perbatasan atau lokasi yang rawan serangan teroris.

Walaupun sempat menjadi bahan kontroversi karena mengusik privasi masyarakat umum, namun Reiss mengungkapkan bahwa pemindai ini tidak banyak menangkap detail bentuk tubuh manusia.

"Target utama kerja alat ini adalah kendaraan dan isinya. Sistem kerja alat ini tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, ras, jenis kelamin atau usia orang tersebut," ungkapnya.
Lowongan Kerja SMA SMK

0 komentar: