16 Mei 2011

Arti di Balik Nama Sandi Konsol Game

Lowongan Kerja SMA SMK
Hampir seluruh konsol game yang ada memiliki nama sandi tersendiri. Misalnya saja Stella untuk Atari 2600, Xenon untuk Xbox 360 dan masih banyak lainnya. Lalu apa saja makna di balik nama tersebut?

Nama sandi memang kerap digunakan produsen konsol game untuk menghindari kebocoran informasi. Berikut ini adalah beberapa konsol yang dikutip dari nowgamer, Senin (16/5/2011).


Stella
Menjadi: Atari 2600
Atari 2600 merupakan salah satu konsol legendaris di kalangan gamer. Nama sandi produk ini cukup unik dan terkesan seksi, Stella, yang ternyata nama dari seorang perancang sepeda yang secara tak langsung berhubungan dengan pembuatan konsol ini.

PS-X
Menjadi: PlayStation
Berbeda dengan konsol game lainnya, Sony tidak menggunakan nama sandi apapun ketika ingin merilis PlayStation. Nama resmi yang disandang ketika diluncurkan adalah PlayStation Experimental, namun agar lebih akrab maka diubah menjadi PlayStation.

Project Reality
Menjadi: N64
Nintendo pertama kali memasuki era game berkualitas 3D melalui N64. Nama sandi konsol ini adalah Project Reality, yang kala ini mendeskripsikan kualitas game 3D dengan tampilan yang realistis.

Dot Matrix Game
Menjadi: Game Boy
Game Boy sejatinya memiliki nama Dot Matrix Game. Pada masa itu nama ini dianggap membawa kesan canggih, dan cocok untuk produk game. Namun sayang, karena dianggap tidak bersahabat dengan anak-anak maka diganti menjadi Game Boy.

DirectX-Box
Menjadi: Xbox
Awalnya Xbox direncanakan akan menggunakan nama DirectX-Box. Artinya, sebuah konsol yang sudah memanfaatkan kecanggihan DirectX milik Microsoft. Tapi agar lebih mudah dihapal kemudian nama konsol tersebut diresmikan menjadi Xbox.

Revolution
Menjadi: Wii
Revolution dianggap mewakili Nintendo Wii sebagai konsol revolusioner, misalnya saja penggunaan sensor gerak, sistem permainan yang unik, serta beberapa hal lainya. Tapi nama tersebut memang hanya untuk pihak internal saja, secara komersil tetap mengusung Wii.

Xenon
Menjadi: Xbox 360
Xenon merupakan nama chipset yang ada di salah satu Xbox 360. Beruntung Microsoft tidak menggunakan nama tersebut, sebab Xbox 360 memiliki berbagai jenis chipset seperti Zephyr, Falcon dan Jasper.

Lowongan Kerja SMA SMK