6 November 2010

Cegah Gigi Berlubang pada Anak

Lowongan Kerja SMA SMK
image

ASUPAN makanan anak ternyata berpengaruh pada kesehatan gigi anak. Meningkatnya kasus gigi berlubang pada balita diduga akibat konsumsi minuman manis dan kegemukan.

Hasil penelitian pada 65 anak usia 2-5 tahun yang mendapatkan perawatan gigi berlubang, menyebutkan 28 persen dari mereka mengalami kegemukan.

Sebanyak 71 persennya mendapatkan asupan kalori 1200 lebih tinggi dari anak dengan berat badan normal.
Dr Kathleen Bethin, direktur endokrinologi pediatrik dan diabetes dari Amerika meyakini nutrisi yang kurang tepat pada anak menyebabkan gigi berlubang. "Sayangnya jarang ada penelitian yang mengaitkan dua hal tersebut," kata dia.

Kerusakan gigi terutama disebabkan asam yang dihasilkan kuman dalam rongga mulut jika ada sisa makanan yang mengandung gula dan tepung menempel pada gigi dalam jangka lama. 

Karena itu, jangan biasakan anak minum susu dari botol hingga tertidur. Sebab cairan manis tersebut dapat menggenangi gigi terlalu lama yang dapat mengundang kuman. Bila perlu, usapkan lap lembab dengan lembut ke gusi bayi Anda setelah dia makan untuk mencegah terkumpulnya kuman.

Sebaiknya, biasakan si kecil untuk minum susu secara teratur dengan batasan waktu tertentu. Menghisap botol susu terus menerus sepanjang hari dapat merusak gigi bayi.

Saat gigi anak tumbuh, ajari dia untuk menyikat giginya. Pakailah sikat gigi khusus anak dengan bulu sikat yang lembut agar tak melukai gusinya. Jangan lupa periksakan gigi buah hati Anda setiap enam bulan sekali.

sumber : suaramerdeka.com
Lowongan Kerja SMA SMK

0 komentar: